Hati-Hati Jika Ingin Mengganti Alamat URL Blog!

January 31, 201518comments



Mau mengganti alamat url blog kamu? Pikir-pikir dulu sebelum menyesal, kecuali kalau kamu adalah orang yang sabar. Pengalaman ini saya alami sendiri. Awalnya saya kira kalau sudah mengganti alamat blog dangan yang baru, postingan bakalan tetap aman mengikuti alamat yang baru. Tapi ternyata saya salah besar! Saat iseng-iseng cek di google, alamat blog yang baru tidak mau muncul beserta artikel-artikelnya juga. Artikel lama malah muncul di blog dengan alamat lama dan saat dibuka, muncul keterangan kalau blog sudah dihapus. Ternyata begitu kita mengganti alamat url blog, sama saja dengan kita membuat blog baru atau membangun semuanya dari nol lagi. Trus bagaimana caranya agar blog baru kita kembali terdeteksi di search engine seperti google, yahoo, dan lainnya?

  • Daftarkan segera alamat baru blog kamu ke www.google.com/addurl, www.googleping.com,  Webmaster Tool (bisa langsung klik DI SINI), mypagerank.net, dan situs-situs lain yang sejenis.
  • Rajin promosi di sosial media seperti twitter, facebook, google plus, pin it, dan lainnya. 
  • Saya sarankan untuk menggunakan akun Google plus agar setiap postingan yang kita buat langsung muncul di Google Plus. Inilah yang saya lakukan setelah mengganti alamat blog. Saya posting kembali artikel-artikel saya sampai muncul tanda +1 di daftar entri. Jadi meskipun artikel-artikel saya dengan alamat blog baru belum terdeteksi kembali, setidaknya sudah muncul di google plus dan bisa terdeteksi di google. Saat dibuka, alamat blog baru kita ikut tercantum di google plus tersebut. Lumayan kan daripada berpangku tangan. Ibaratnya kalau jualan, sembari menunggu toko kita jadi, kita bisa tetap berjualan dengan menitipkan barang-barang kita di supermarket yang terkenal dan oleh pemiliknya ditaruh di etalase paling depan :D
  • Rajin berkomentar di blog atau website yang memiliki pagerank tinggi dan ramai dikunjungi, sambil mencantumkan alamat blog kamu di sana. Dengan cara ini, alamat blog kamu akan ikut terkena imbas dari situs pencari karena blog atau website tersebut pastilah sering terindeks oleh search engine. Tapi ingat, jangan sampai spam atau numpang ngiklan ya. Tidak etis beriklan di blog orang.
  • Tetap rajin posting agar blog kamu "digerayangi" oleh mesin pencari. Bisa setiap hari, seminggu sekali, atau mungkin dua minggu sekali. Jangan terlalu lama menganggurkan blog, karena mesin pencari akan malas mengunjungi blog kamu.
  • Sabar dan berdoa agar postingan-postingan kamu cepat terdeteksi oleh situs pencari :D Kira-kira ini akan memakan waktu sekitar 3 bulan atau kurang. Tergantung dari si mesin pencari sendiri.
Jadi bagi para blogger, sebelum mengganti alamat blog dengan yang baru, dipikir-pikir dulu secara matang ya agar tidak mengalami hal yang tidak mengenakkan seperti saya. Sayang kan jika sudah posting banyak sekali artikel dan ramai pengunjung, atau bahkan yang sudah punya banyak iklan adsense di blognya, harus mulai lagi dari awal dan menarik pengunjung agar blog tidak sepi.
Share this article :

+ comments + 18 comments

Anonymous
Dec 24, 2016, 5:27:00 PM

Mantap gan infonya, sangat berguna sekali buat teman-teman yang lagi belajar ngblog...

#justshare
Yang lagi cari-cari info tentang tata cara bisnis online agar sukses, silahkan kepoin http://luffyinter.blogspot.com/

Oct 14, 2017, 3:12:00 PM

Thx gan....saya mau tanya kenapa saat url saya di ganti tidak bisa di bagikan di facebook..knpa ya

Sep 25, 2018, 10:05:00 PM

Kejadian juga sama ane ne gan, saya udah sempat ganti url nya, kemaren pas buat url asal asalan trus saya ganti ne sama yangne http://budinst.blogspot.com

Sep 25, 2018, 10:10:00 PM

Kejadian juga sama ane gan,dulu pas buat url nya asal2an trus saya ganti jadi ne gan, http://budinst.blogspot.com

Sep 28, 2018, 7:34:00 AM

Mantap nih.. ane juga nyesel ganti url blog.. postingan gak kebaca gugel...
https://djr28.blogspot.com

Dec 2, 2018, 4:04:00 AM

Sama juga gan nyesel deh gak ke baca google
https://duniasejarah25.blogspot.com

Jan 14, 2019, 10:17:00 PM

Terus solusinya bagai mna gan .aku juga habis ganti url langsung anjlok
Https://sobatit99.blogspot.com

Feb 8, 2019, 10:54:00 AM

wah makasih kak sangat membantu artikelnya. kunjungin ya http://engineeringtheori.blogspot.com/

Feb 25, 2019, 4:59:00 PM

Punya saya juga baru beralih alamat blog disearching malah alamat blog anda terhapus. Promosi lagi dan lagi sayanya .
Jadi ganti https://anisbiology.blogspot.com.

Apr 2, 2019, 11:20:00 AM

iya, beneran saya mengalami seperti itu, ya saya harus sabar. hehehe
jang lupa ya mampir juga d blong saya di https://ngajisalafy.blogspot.com

May 2, 2019, 10:49:00 AM

Gan tdinya ane mau ganti alamat blog jdi mikir dulu gan.. Thx infonya

May 2, 2019, 10:51:00 AM

Mas alamat blog ane juga sama gitu ada pesan eror 404 nyesel belakangan

May 2, 2019, 10:53:00 AM

Sangat bermanfaat bro..klo postingnya sedikit sih masih mending diganti

May 2, 2019, 10:54:00 AM

Makasih banyak buat informasi nya mas

Sep 17, 2019, 2:48:00 PM

alhamdulillah manfaatnya banyak

Dec 8, 2019, 1:46:00 PM

Mantap nih sangat membantu makasih banyak, saya juga baru ganti url sudah 7 hari halaman saya belum terindex dan yang mucunl masih url lama di search engine. ini blog saya https://ke-gendeng-anku.blogspot.com

Jan 2, 2020, 1:27:00 PM

Saya juga baru gnti alamat blog.. silahkan kunjungi gudangmakalah21.blogspot.com

Anonymous
Mar 23, 2022, 6:02:00 PM

Hati-Hati Jika Ingin Mengganti Alamat Url Blog! - Open Minded >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Hati-Hati Jika Ingin Mengganti Alamat Url Blog! - Open Minded >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Hati-Hati Jika Ingin Mengganti Alamat Url Blog! - Open Minded >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. OPEN MINDED - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger