Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Lowongan Kerja PT Petrokimia Gresik

January 31, 2015109comments

Beberapa bulan yang lalu, saya dikirimi informasi mengenai lowongan pekerjaan di PT Petrokimia Gresik melalui WhatsApp. Sebelumnya saya cek dulu di internet, apakah lowongan itu benar-benar ada atau tidak. Dan ternyata memang benar ada, namun tidak ada lowongan untuk S1. Yang ada hanya lowongan untuk D3 dan SMA. Saat itu saya berpikir kalau mungkin di internet itu salah, yang benar adalah teman saya karena bisa jadi dia mendapatkan informasi itu dari surat kabar atau dari media lain. Saya tetap positif thinking, karena saya percaya dengan teman saya itu. Akhirnya saya melamar melalui email yang dikirimkan oleh teman saya itu. Dan beberapa hari yang lalu, tiba-tiba saya mendapatkan SMS dari nomor +6285242486918 yang berisi sebagai berikut :

Kepada yth.. Calon karyawan PT. PETROKIMIA (Gresik) surat recruitment sudah kami kirim silahkan di cek E-mail nya,!. Terima kasih.

Dari situ saya kaget sekaligus sedikit curiga. Kenapa caranya mengirimkan SMS amburadul sekali? Sama sekali tidak mencerminkan bahwa si pengirim adalah seorang pegawai dari bagian SDM perusahaan besar. Kemudian saya mencek email saya. Memang benar ada email dari PT Petrokimia Gresik, tapi anehnya ada dua (dari hrd.petrokimia@engineer.com dan pt.petrokimia@gmail.com) dan judulnya bahkan salah ketik "Surat Panggilang Tesk Interview Petrokimia Gresik". Begitu saya buka, tahu-tahu ada tulisan banyak sekali yang membuat saya pusing.

Yang lucu dari email itu adalah isi surat panggilan yang dilampirkan di attachment, ditulis lagi semuanya secara lengkap dan detail di badan email, seakan-akan untuk lebih meyakinkan pelamar kalau panggilan itu memang benar bukan bohongan. Justru ini yang membuat saya curiga. Di dalam email itu, tes dilaksanakan di Gedung PPEI, Jl. Letjen S. Parman No.112 Grogol, Jakarta. Padahal dari nama perusahaan saja sudah jelas-jelas kantor pusatnya pasti ada di Gresik. Di dalam  surat panggilan itu juga disertakan tabel berisi 20 orang yang berhak mengikuti tes interview, termasuk saya. Rasanya kok aneh sekali. Perusahaan terkenal seperti PT Petrokimia Gresik kok hanya meloloskan 20 peserta, sedangkan lowongan yang dibuka dulu ada lebih dari 10 jurusan kalau tidak salah ingat.

Di bawah tabel daftar peserta yang diterima, ada lagi keterangan seperti ini.

Peserta Tes di wajibkan untuk melakukan SMS konfirmasi kehadiran ke Nomor 0852 4248 6918 dengan format : PETRO-NAMAPESERTA-ASAL-HADIR/TIDAK
Peserta di wajibkan melakukan Reservasi Pemesanan (Ticket & Hotel) di TRAVEL yang sudah di siapkan oleh Perusahaan, serta Mobilisasi (Penjemputan peserta di Bandara Menuju ketempat pelaksanaan kegiatan) Peserta di harapkan melaporkan ke:
SMAILING TOUR & TRAVEL online Penanggung Jawab : Ir. EDI GUNAWAN
Contact Person : 0856 9675 4966

Nanti biaya akomodasi dan transportasi ditanggung sementara oleh peserta, nantinya akan digantikan oleh Perusahaan. Saya sudah yakin kalau ini penipuan, apalagi tandatangan dan stempel di surat itu terlihat sekali hasil tempelan dan tulisannya berbeda dengan tulisan di surat. Akhirnya saya kembali browsing di google, mencari alamat website PT Petrokimia Gresik. Syukurlah ketemu, dan saya langsung mengklik bagian kontak. Dari situ saya tercengang sekaligus geram dengan ulah si penipu itu. Untuk lebih meyakinkan diri, saya mengirimkan email untuk menanyakan mengenai lowongan kerja yang beberapa bulan lalu saya peroleh dari teman saya. Pihak Departemen Personalia menjawab bahwa informasi itu tidak benar. Semua informasi recruitment PT Petrokimia Gresik hanya ada di recruitment.petrokomia-gresik.com. Untungnya saya tidak menjadi korban penipuan.

Sebagai informasi, alamat email PT Petrokimia Gresik yang asli adalah pkg@petrokimia-gresik.com. Selain itu, sudah dipastikan penipuan. Apalagi PT Petrokimia memiliki nomor kantor, bukan nomor hape. Jadi untuk siapapun yang nantinya mendapatkan informasi yang sejenis seperti yang saya dapatkan, lebih baik berhati-hati dan dicek dulu kebenarannya. Hal ini juga berlaku pada perusahaan-perusahaan lain. Semoga bermanfaat.
Share this article :

+ comments + 109 comments

Anonymous
Aug 27, 2015, 4:39:00 PM

sama bener ini kaya kasus saya. thanks gan infonya.

Mar 14, 2016, 9:01:00 AM

Wah, saya baru semalam dapat sms dan email yang sama. kok ya ada kantor ngirim email di hr minggu dan 11 malam. dari situ saya jadi curiga. terima kasih informasinya, sangat membantu..

Mar 25, 2016, 7:42:00 AM

Haha saya baru dapat smsnya juga gan

Mar 25, 2016, 7:43:00 AM

Haha saya baru dapat smsnya juga gan

Apr 1, 2016, 3:12:00 PM

Halo, Saya Dapat Juga, Tapi Cuma Email Ga Ada SMS. Email Saya Dapatnya Jam 12 Malam.

Kemudian Pengirim Email Adalah Email Yg Kata Agan Asli Gan. Yaitu pkg@petrokimia-gresik.com.

Penipuan Atau Ngga Ya. Tapi Untuk Overall Dari Isi Email Hampir Sama Dgn Agan.

Cuma Beda Dari Pengirim Email Dan Saya Tidak Dapat SMS.

Gimana Ya.

Makasih Gan.

Apr 2, 2016, 9:37:00 AM

wkwk barusan ane di sms gan, sma kyk gini alurnya haha
langsung browsing dah nemu tulisan agan...
emailnya tp pake dinamain pkg@petrokimia-gresik.com #ngakak deh
thanks gan tulisannya :D

Apr 5, 2016, 12:31:00 PM

Bener gan penipuan.. saya udah konfrimasi ke Petrokimia nya ternyata belum membuka lowongan.

April 2016

Apr 9, 2016, 2:10:00 AM

Thanks Infonya . Ane juga barusan dapat emailnya . http://prntscr.com/aptbdt

Apr 9, 2016, 8:59:00 AM

Saya dapet panggilan tp betul2 itu emailnya pkg sob...gimana sob

Apr 9, 2016, 9:03:00 AM

Saya dapet panggilan tp betul2 itu emailnya pkg sob...gimana sob

Apr 9, 2016, 9:05:00 AM

Sayaa juga dapet panggilan sob.lewat email.sedangkan emailnya pkg@petrokimiagresik.com.tpi ujungnya lampiranya suruh sms brang atau tidak suruh sms

Apr 9, 2016, 11:13:00 AM

Sama saya juga dapet sms dan emailnya dari pkg@petrokimia-gresik.com hari ini jam 5 pagi ini

Apr 10, 2016, 5:32:00 AM

Thanks gan infonya.. Sya bru dpt sms berhubung tau klo penipuan saya jawab aja heheh

Apr 10, 2016, 1:50:00 PM

terimakasih

Apr 11, 2016, 12:39:00 PM

kayaknya sih hoax nih,
tpi penipuan profesional. hhaha
thx infonya om.

Apr 12, 2016, 9:41:00 AM

Demi apa saya dapet emilnya dari pkg@petrokimia-gresik.com tapi isinya sama dengan anda. coba kaji lagi apa bener emailnya itu ?

Apr 12, 2016, 10:00:00 AM

healaah.. sy juga dpt sms n emailnya pagi ini gan. mknya ni llgsg cari2 info, untung ktmu tulisan ini, hehe.. thanks infonya gan..

Apr 12, 2016, 12:43:00 PM

Saya juga dikirimi email dari pkg@petrokimia-gresik.com, tapi ternyata itu hanya NAMA EMAIL. Kalau diperiksa, ALAMAT EMAIL-nya adalah hrd.petrokimia@engineer.com. Ini screenshot email saya => http://imgur.com/ilUPunl (saya dapat tanggal 11 April 2016, 12:20 AM)

Apr 12, 2016, 2:21:00 PM

Saya juga dapt gan tapi emailnya dari pkg@petrokima-gresik.com takutnya juga oenipuan harus brgkt ke grogol segala terimakasih infonya gan

Apr 12, 2016, 4:02:00 PM

wah gw jg baru dapet smsnya ni,,emang aneh sih klo gw pikir,,dpesertanya masa sih dikit bgt,,kemaren aja gw tes OJK itu yg ngelamar disitu ada 120rb org dan yg lolos administrasi itu ada sekitar 35rban,,,masa ini gk smpe 30 dan masa kita harus booking pesawat dan hotel dl, klo gk dinyatakan gk lulus..aneh bgt cm gara2 itu dinyatakan gak lulus.....hahahaaa..ujian jg belom...dan gw mutusin untuk males buat ikut tes jdnya...

Apr 14, 2016, 2:31:00 PM

Thanks gan infonya. ane juga baru dapet email tadi malem cuma ane kurang teliti. hampir ketipu dapet email dari pkg@petrokimia-gresik.com, ternyata itu bukan alamat email tapi nama pemilik emailnya. dan alamat pengirimnya hrd.petrokimia@engineer.com.
hati-hati gan

Apr 15, 2016, 2:05:00 PM

terimakasih infonya gan

Apr 15, 2016, 2:05:00 PM

terimakasih infonya gan

Apr 16, 2016, 11:49:00 AM

Thanks infonya gan

Apr 22, 2016, 12:47:00 PM

temen saya barusan dpat email begitu.. awalnya saya senang tapi pas liat bentuk lampirannya langsung krocek dan nemu blog ini.. Alhamdulilah gak jadi korban penipuan temen saya... thanks infonya gan

Apr 23, 2016, 1:19:00 AM

Jadi itu bohongan ya,hari ini tanggal 22 april gue juga dapet email dr petrokimia. Pertama sih aneh nya yang lolos itu dikit bgt, beda sama kmrn gue test di pgn.langsung deh gue browsing dan feeling gue bener. Maksudnya apa sih ya nipu kaya gitu. Thx info nya

Apr 27, 2016, 3:03:00 AM

Sama gan ane dpt email jam 18.00 sdah gtu ada SMS msuk mnyatkan hadir atau tdk aneh knapa ngk tlpon lngsung ane cba tlpon phak smailing tour dia mnta 2,9 jta utk 2 hri muke gile.... Alhmdllah Ana slamat.... thnks share nya juragan... Oh iya ane dpt informsi poker Dari FB....

Jun 1, 2016, 3:36:00 PM

saya udah dua kali dlm seminggu ini dpet panggilan sprti itu. memang itu dri dua perusahaan yg berbeda. Tapi alhmdulillah saat proses penulusuranku akhirnya ketahuan dulu sbelum transfer. Ttp hati2&waspada buat rekan2 smua yang ada disini. thanks..

Aug 17, 2016, 7:04:00 PM

Di laporin ke polisi aja yg kaya ginian biar gak merugikan orang banyak...

Aug 17, 2016, 7:05:00 PM

Di laporin ke polisi aja yg kaya ginian biar gak merugikan orang banyak...

Aug 31, 2016, 10:40:00 PM

thank's gan info'y, saya juga curiga dari email dan dapet sms td pagi dr no seluler mengatas nama kan pt tersebut...

Sep 5, 2016, 10:21:00 AM

ANE JUGA DAPET YANG SAMA HALNYA DENGAN YANG ENTE PUBLIKASIHIN. UNTUNG AJA SELAMET THANKS GAAN

Sep 5, 2016, 11:38:00 AM

Ya allah aku juga dapet sms baru aja sampai pekerjaanku tak tinggal sementara . Anjing ternyata penipuan ya

Sep 5, 2016, 11:38:00 AM

Ya allah aku juga dapet sms baru aja sampai pekerjaanku tak tinggal sementara . Anjing ternyata penipuan ya

Sep 6, 2016, 11:10:00 AM

Makasii informasinya :) baru saja tlp ke cp yang ada di surat dan disuruh transfer 2,5 juta untuk akomodasi karena tes interview-nya di Jakarta dan Surabaya. Awalnya percaya, ehhh tenyata tipu tipu.

Sep 7, 2016, 6:59:00 AM

Ane juga dapet email dari pkg alamat email resmi tapi pake akomodasi juga gmana tuh gan minta sarannya ?

Sep 19, 2016, 11:28:00 AM

Maksih...gua jg bru dapat

Anonymous
Sep 19, 2016, 6:49:00 PM

Semuanya pembaca, mohon dicek lagi alamat email sebenarnya si penipu itu adalah hrd.petrokimia@engineer.com. Yang tertulis pkg@petrokimia-gresik.com itu hanya diketik oleh sang pengirim untuk mengelabui yang menerima e-mail. Saya telpon Smailing Tour and Travel atas nama Ir. Sudirman (0856 5658 8795), menanyakan lokasi kantor pusat Petrokimia-Gresik dimana, lokasi tes dimana, tempat penginapan dimana, dia TIDAK BISA JAWAB DENGAN JELAS DAN MEMBERIKAN INFORMASI YANG TIDAK SESUAI dengan yang tertera di surat pemanggilan. Lokasi tempat tes yang beralamatkan di Jalan S. Praman Grogol pun tidak sama dengan lokasi kantor perwakilan Pertrokimia-Gresik yang beralamat kan di Tanah Abang. Dan, ketika saya tanyakan mengenai lokasi hotel akomodasi, Pak Sudirman hanya menjawab Hotel 88. Saya tanya lokasinya dimana, dia hanya jawab di grogol. Saya minta alamat lengkap hotelnya, dia tidak bisa jawab. saya minta nomor telepon land-line hrd Petrokimia-Gresik, dia tidak jawab, dan telepon saya diputus. Sekali lagi, saya mengkonfirmasi, undangan walk-in interview ini BENAR-BENAR PENIPUAN SEJATI. Kalau kalian ingin melamar ke Perusahaan Petrokimia-Gresik, silakan kunjungi website resminya di http://recruitment.petrokimia-gresik.com/. Saya geram kenapa makin banyak modus penipuan di Indonesia dan penipu itu mengincar semua kalangan. Apalagi kalau misalkan tipu muslihat mereka itu diterima oleh orang-orang yang benar-benar ingin cari kerja seperti adik saya. Semoga Allah membalas perbuatan para penipu walaupun tidak di dunia, tapi Allah akan membalasnya di akhirat. Semoga aparat kepolisian Indonesia bisa menindaklanjuti hal ini. Kalau tidak, akan banyak orang-orang yang terkena korban penipuan.

Anonymous
Sep 20, 2016, 10:45:00 AM

@doharuddin alamsyah
Ane juga sama persis dapet surat panggilan. Saya telpon CPnya ternyata gak mau angkat telpon.
Thx gan infonya

Anonymous
Sep 20, 2016, 10:46:00 AM

@doharuddin alamsyah
Ane juga sama persis dapet surat panggilan. Saya telpon CPnya ternyata gak mau angkat telpon.
Thx gan infonya

Sep 21, 2016, 11:08:00 AM

Astaghfirulloh saya semalem jam 10 an juga dpet email mengatas namakan ptrokimia gresik.tadi nya saya mau brgkat.tapii untung temen saya ngasih tau soal blog ini.thanks infonya..

Sep 21, 2016, 11:09:00 AM

Astaghfirulloh saya semalem jam 10 an juga dpet email mengatas namakan ptrokimia gresik.tadi nya saya mau brgkat.tapii untung temen saya ngasih tau soal blog ini.thanks infonya..

Sep 21, 2016, 2:40:00 PM

Saya juga dpt email nya hari ini. Untung saya tlf kantor pusat nya langsung. Dan mreka bilang sendiri bahwa itu adalah penipuan. Masa iya petrokimia menjalin dg tour and travel jelas org petrokimia nya sendiri. Disini sya disuruh menghubungi smailing tour an bp ir. Indra yg aneh ny itu logad nya org ambon. Sya cek keberadaan no tlf ternyata benar org timur... Gila nya diminta uang akomodasi 2.3jt. Hati2 bagi yg fresh graduate

Sep 22, 2016, 12:22:00 PM

Sama, xixixi....

Sep 22, 2016, 12:27:00 PM

Sama, xixixi....

Sep 23, 2016, 6:08:00 PM

aq jga dpt email panggilan interview dijkt, hati2 buat temen2 semua modus itu gan.

Sep 24, 2016, 7:30:00 AM

Saya juga dapet semalem..
Lagi mengalami kegalauan antara mau berangkat atau ga..
Ternyata penipuan😩

Sep 25, 2016, 7:02:00 AM

Saya juga baru dapet Pagi ini email dr dari: pkg@petrokimia-gresik.com / Minggu 25 september 2016.
Terimakasih atas info dan pengalamannya

Sep 25, 2016, 1:09:00 PM

Saya juga dapat kmren jm 7 pagi. Udah dilema mw berangkat ato tidak. Alhamdulillah baca blog ini jd saya merasa terselamatkan. Makasih ya...

Sep 26, 2016, 11:56:00 AM

Sama ni... untung gue tanya dulu ma saudara yang kerja di petrokimia..dan ternyata rekruitmen lowker itu ada di websitenya.. gue kemarin ikut jobfair..berarti dijobfair itu penipuannya kali ya...

Anonymous
Sep 27, 2016, 12:50:00 PM

Sama gan,,gw baru aj smlam dpatnya..untung gak jd prgi..masa' surat test dibuat "urat test",,,untuk info emailnya yg fake itu hrd.petrokimia@engineer.com,, mereka ada trik baru,, namanya dibuat pkg@petrokimia-gresik.com,sehingga mengecoh..pas di klik untuk balas langsung tertera email asli yaitu hrd.petrokimia@engineer.com..hati2 modus baru nih..ok

Sep 27, 2016, 1:44:00 PM

Sama saya juga dapet info ini jam 11 malam via email.
Ternyata hoax juga toh
Thank bang infonya��

Sep 28, 2016, 9:09:00 AM

saya juga semalam dapat emailny- thanks gan infonya

Sep 29, 2016, 2:58:00 PM

Saya juga tadi pagi dapet email kaya itu, dan saya yakin ini 100% penipuan

Sep 30, 2016, 6:31:00 AM

Klw pas q liat di webnya petro emg itu emailnya. Yang t galaui itu benar apa g ada rekrutmennya Pt. Petro soalnya q jg dpt email asli dr petro tp msh nunggu info yg asli. Klw g gitu tlp lngsng aja di contact person yg trdpt di petro

Oct 3, 2016, 10:20:00 PM

Barusan dpt emailnya dr hrd.petrokimia@engineer.com kirain beneran ternyata jebakan betmen. Btw thankfully gan infonya

Oct 4, 2016, 5:11:00 PM

Wah saya juga, hari ini dapat email penipuan ituh,,trimakasih gan infonya.

Oct 5, 2016, 10:44:00 PM

Wah sama... ini baru masuk emailnya..
Hebat bener hrd nya kerja sampe jam segini. Niat bener nyari mangsanya

Oct 5, 2016, 10:45:00 PM

Wah sama... ini baru masuk emailnya..
Hebat bener hrd nya kerja sampe jam segini. Niat bener nyari mangsanya

Oct 6, 2016, 7:34:00 AM

sama nih dapat info tes di jakarta....email nya masuk tgl 5 11.26 malam tesnya hari sabtu tgl 8

Anonymous
Oct 6, 2016, 8:25:00 AM

dapet email jam 21.18 pelaksanaan tes tanggal 8 di jakarta, tanggal 9 di surabaya.
melihat di website resmi petrokimia ternyata kaga ada rekrutmen.
wah gagal travel jakarta - surabaya ni hahahaha

Oct 6, 2016, 11:52:00 AM

Baru saja saya telpon travel ya ternyata dia minta bayar sementara nanti diganti.. Hahah dari logatnya sih anak medan sekali.. Sebagai orang medan gua jadi malu. :(

Oct 6, 2016, 12:03:00 PM

Nama yang email siapa broh? Gua juga nih barusan aja.

Oct 6, 2016, 12:05:00 PM

Nama yang email siapa broh? Gua juga nih barusan aja.

Oct 6, 2016, 12:15:00 PM

Saya juga baru dapet, alhmdulillah udah tau kalo ini trnyata penipuan,untung saya lngsung browsing

Oct 6, 2016, 5:30:00 PM

alhamdulilah informasinya...semoga penipuan ini bisa menjadi pelajaran kita semua...untuk lebih hati2...semoga yang punya no. ini 0815 2749 0927, 0815 2599 2556 segera sampai ke hukum yg berwajib khususnya ketenagakerjaan...

Oct 6, 2016, 11:53:00 PM

Ane yg baru ketipu gan 2,5 lenyap dan anehnya masak iya jam 10 malem masih melayani dan hrs segera d transfer uangnya Ndak bs besok besok katanya biar cpt selesai, Ndak ikhlas dunia akhirat pokoknya, dan setelah itu rek ane utk liat mutasi Ndak bs jg, Ndak cm itu aj gan rek.q stlh transaksi d ambil jg

Oct 10, 2016, 11:25:00 AM

�� Ane ketipu juga gan. Ini lagi di kantor polisi gan urus penipuan. Ketipu 2,7 juta gan. ��

Oct 10, 2016, 9:17:00 PM

saya baru aja dapet email kemudian -> dibaca -> galau -> dibaca lagi -> cari di google -> ternyata penipuan. hahaha.

Anonymous
Oct 11, 2016, 11:58:00 AM

saya juga baru saja dapat sms dan email, setalah saya teliti, isi emailnya amburadul cdr cara penulisannya tidak menunjukan bahwa seorang pegawai hrd dr petro, akhirnya browsing dan benar saja, alamat email dan isinya adalah kedok penipuan.

Oct 13, 2016, 9:36:00 AM

saya baru aja dapet sms dan emailnya..
isi email keseluruhannya sama dengan yang admin tulis..
Warbyasahh memanfaatkan orang2 yang lagi cari kerja,,
Thanks gan udah share infonya

Oct 13, 2016, 10:39:00 AM

saya malah dapet sms sama kotak masuk emailnya yang menunjukkan tesnya di kantor perwakilan , apakah betul itu gan ?? trims

Oct 18, 2016, 12:17:00 PM

Terimakasih atas infonya, hari ini Selasa 18-10-2016 saya juga mendapatkan persis seperti kasus pada artikel ini.
Sekali lagi terima kasih artikel ini membuat saya tidak masuk ke perangkap penipuan.

Oct 25, 2016, 10:56:00 PM

Sy barusan dpt email persis, awalnya seneng tp rasanya kuatir jd googling dulu bener apa enggak, eh ternyata kita semua sama.. ��

Oct 28, 2016, 11:03:00 AM

saya juga barusan dapet email yang sama.
sudah telfon ke smailing travel, omongan nya kurang meyakinkan.
minta transfer juga bukan ke rekening smailing travel tapi ke nama Evi komalasari.
alamat email sangat menipu jadi tolong diperhatikan.

Nov 9, 2016, 3:20:00 PM

wah thanks infonya gan.... pake cara lama aja.... via POS INA... hehehehe

Dec 15, 2016, 5:51:00 AM

thx gan . barusan dpt email yg sama

Dec 15, 2016, 5:51:00 AM

thx gan . barusan dpt email yg sama

Jan 12, 2017, 8:58:00 AM

Ini jelas penipuan

Jan 12, 2017, 7:04:00 PM

Wah saya jg barusan dapat email yg sama.. sudah curiga sih kok diwajibkan pesem agen travel segala. Thx gan infonya

Anggraini
Jan 14, 2017, 7:09:00 AM

Thankyou banget infonya. Pas bangun tidur ada email panggilan tes petrokimia, dikirimnya jam 02:10 *gila juga hrd kerja sampe jam 2 malem*. Agak curiga kok sistem perekrutannya pake travel2 segala. Langsung browsing & baca artikel ini & comment2nya, baru engeh kalo email official petrokimianya itu cuma dijadiin nama, bukan email pengirimnya. Thankyou banget ! Alhamdulillah ga jadi ketipu :)

Anonymous
Jan 15, 2017, 11:06:00 PM

aku baru banget mlm ini dapet email panggilan interview dari PT. Petrokimia Gresik. Tapi isi emailnya kosong gak ada surat resminya, padahal di subjeknya Surat resmi panggilan test interview. Yang ngirim pkg@petrokimia-gresik.com (hrdpetro.imia@engineer.com) . aku coba balas lagi emailnya tapi belum ada balasan . kayaknya ini hoax ya? Masa ngirim email kosong -_-

Jan 16, 2017, 6:03:00 AM

ane gak kosong gan formatnya docx

Anonymous
Jan 16, 2017, 8:01:00 AM

Aku juga dapat email dari pkg@petrokimia-gresik.com, ada lampiran word nya,, ini asli ga?? Dia kerja sama dgn smailing tour jg,,,

Jan 16, 2017, 8:36:00 AM

saya barusan juga dapet sama pkg@petrokimia-gresik.com

Jan 16, 2017, 10:23:00 AM

Thx infonya. Lumayan bisa di share di medsos biar temen" ga ada yg ketipu

Jan 17, 2017, 4:45:00 AM

Saya juga kmren hari minggu baru dapat email dan sms nya jam 10 malam. Untung saya coba browsing ternyataaa hmmm

Jan 17, 2017, 7:53:00 AM

Saya juga dpt. Ini bener gak yaa. Di sms jam 04.30 pagi. No nya 0831 3131 1144. Mohon konfirmasi nya.

Jan 18, 2017, 3:32:00 AM

wew barusan dapet emailnya, ya ampun, segitunya sampek mau nipu orang. kan maksudnya baik, cari kerja gitu daripada nyolong, malah mau ditipu 😥😥😥😥😥😥

Jan 18, 2017, 3:33:00 AM

wew barusan dapet emailnya, ya ampun, segitunya sampek mau nipu orang. kan maksudnya baik, cari kerja gitu daripada nyolong, malah mau ditipu 😥😥😥😥😥😥

Jan 19, 2017, 7:18:00 AM

Trims infonya,ini saya tadi pagi jam 02.10 dapat sms dan suruh liat email saya dan segera huBuNgi smiling tour uNtuk transport kjakarta n surabaya untuk tanggal 21 dan 22 januRi 2017,ternyata stelah liat info dari kalian yaKin..untung saja.trims semuanya

Jan 19, 2017, 8:19:00 AM

Aku juga dapat email barusan, sneng banget ga ketipu sama yg beginian

Jan 19, 2017, 11:38:00 PM

Saya tadi pagi juga dapat sms Kepada yth..
calon karyawan PT.PETROKIMIA [GRESIK] surat recruitment sudah kami kirim. Silahkan cek Emailnya
terima kasih.
Saya lgsg cek email dan emang rada ragu stlh lht emailny yg mewajibkan reservasi ke travel 'Smailing Tour. Wah.. emang parah ya si tukang tipu. Masih awal tahun udh ngerjain orang yg lagi butuh krjaan ni. Mdh2an tobat deh..

Jan 19, 2017, 11:43:00 PM

Sprtiny no hpny beda2, yg SMS ke saya 085 824 380 117 Fit. CP Travelny 0857 5658 8855 a.n Ir.Budi Hartono.

Jan 20, 2017, 12:54:00 PM

ini setiap hari jadi mereka bekerja ya,,, menipu orang saya barusan juga dapet sms begituan.... untungnya saya browsing dulu dan teman ngasih tau blog ini. terselamtkan dah... alhamdulillah...terimakasih infonya.

Jan 21, 2017, 9:08:00 AM

ya allah untung gan saya sempet browsing, jd ternyata penipuan, hadeeeh pdhl dah berharap nih. makasih banyak gan infonya

Jan 21, 2017, 1:04:00 PM

Saya juga bru saja dpt email seperti itu..terimakasih infonya..

Jan 21, 2017, 5:54:00 PM

Wah, makasih banyak informasinya min. Barakallah.. hampir ane kena tipu.

Jan 24, 2017, 9:50:00 AM

Saya juga barusan pagi ini, di kirim sms seperti itu.. Setelah sy buka email ternyata isinya sama hanya contact person berbeda. Untung sy cek dulu di internet.
Terima kasih infonya.. Sangat membantu

Anonymous
Mar 16, 2017, 1:13:00 PM

Dpt bc di grup wa pake alamat hrd .petrokimia@engineer....saya lgsg ngasih tau klo itu info lowongam penipuan, koq malah saya yg dimarahi katanya sok teu dan menghalangi temennya nyari kerjaan...hadeeeehh, kayaknya semua bisa beli smartphone tp jarang yg bisa memanfaatkannya^^

Apr 3, 2017, 7:56:00 PM

Terima kasih buat infonya. Saya kemarin dapat info lowongan itu dari teman. Terus saya coba kirim. Untung deh, emailnya gagal terkirim. Kalau sampai terkirim, selain tertipu, bisa2 data2 saya disalahgunakan.

Apr 15, 2017, 6:52:00 PM

hoy

May 12, 2017, 10:10:00 AM

Sudah saya HANCURKAN email hrd.petrokimia@engineer.com
berikut capturenya
http://pasteboard.co/5dUMwYfa7.jpg

kepada teman teman yg telah tertipu semoga dikembalikan rejekinya lebih besar dari ALLAH SWT
dan dengan penghancuran alamat email tersebut, email tersebut sudah tidak dapat melakukan tindakan penipuan kembali

Semoga kita emua diberi kelancaran rejeki dan rejeki yang berlimpah dari ALLAH SWT
Amin ALLAHUMMA AMIN

f&d

Aug 22, 2017, 12:06:00 PM

Alhamdulillah gajadi ketipu. Padahal udah seneng tapi hati belom yakin akhirnya nyari nomor telfon pt.pupuk indonesia gresik pas dibuka dapet blog ini dan alhamdulillah gajadi ketipu karena email yg saya dapat persis seperti contoh diatas. Kasian ortu saya udah seneng huhh belum rezeky 😁

Aug 22, 2017, 12:13:00 PM

Masya Allah liat tanggal blog ini di buat ternyata dari 2015 sudah nipu kaya gini tuh orang. Saya aja baru dapet tadi jam 11 pagi brati sampai sekarang mereka menipu. Semoga dapet balesannya di akhirat. Oiya ini alamat email yg saya dapat tolong di blokir info.pupuk-indonesia@graduate.org

Anonymous
Mar 13, 2018, 4:47:00 PM

Saya juga dapat panggilan ditempat dan nomor yang sma tapi dengan PT yg berbeda.jadi ga yakin
nama gedungnya BPPEI jalan s.parman grogol no.112 jakarta barat
Jdi gmna ya

Apr 12, 2018, 11:05:00 AM

maaf gan mau nanya ini saya dapat info loker dari petrokimia gresik, mau kebenaran nya ajaa, yang batas akhir nyaa 23 April 2018, ini betul atau hoax ya?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. OPEN MINDED - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger