Cara Agar Postingan di Blog Tidak Bisa Dicopy

January 31, 20151comments

Nah, pasti bagi yang postingan di blognya sering di copy paste oleh orang yang tidak bertanggung jawab, merasa jengkel bukan main dan ingin mengunci postingannya bukan? Apalagi kalau isi postingan itu adalah hasil tulisan berupa cerita fiksi maupun artikel-artikel yang murni berasal dari otak sendiri. Rasa ingin marah, teriak-teriak, melempar semua barang pasti ada :D Ditambah lagi kalau si pengcopas alias si plagiator dengan santainya bilang "Kenapa nggak diprotect aja tulisannya kalau nggak mau dicopas?" Oke, sesuai dengan perkataan para pengcopas tersebut, saya akan bagi-bagi informasi mengenai cara agar postingan di blog kita tidak bisa di copy paste seenaknya. Nah, langkah-langkahnya adalah :
1. Buka menu Template setelah masuk ke blogspot.com
2. Klik Edit HTML dan cari kode <body>; dengan menggunakan Ctrl F di dalam kotak kode HTML. Kalau dalam versi blogspot terbaru tidak ada, cari saja </head>
3. Masukkan kode di bawah ini di atas <body> atau di bawah </head>. Kode di dalam kotak bisa dicopas, silahkan digunakan. Cara mengcopas adalah dengan menekan Ctrl C lalu paste di kotak HTML dengan menggunakan Ctrl V.
Setelah selesai, maka akan tampak seperti di bawah ini. Kode berada di bawah </head>;
Contoh letak kode kunci blog di bawah </head>;
4. Klik Simpan Template, lalu coba di preview blognya. Kalau berhasil, postingan di blog tidak akan bisa diblok, di klik kanan, atau klik kiri dua kali agar bisa menghasilkan blok pada kata atau kalimat. Ctrl+C juga tidak akan berfungsi.
5. Ada juga cara yang lebih simple yaitu dengan menambah kode oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' di dalam kode <body>;, hasilnya menjadi <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>. Jadi tidak perlu mengcopy kode panjang di atas, hasilnya sama.

Selamat Mencoba!
Share this article :

+ comments + 1 comments

Feb 18, 2015, 3:29:00 PM

thanks infonyaaa.. bisa diterapin di blog ane.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. OPEN MINDED - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger